Senin, 25 Oktober 2010

Wisata ke Aqaba

Wisata ke Aqaba merupakan perjalanan wajib bagi anda yang sedang berada di Yordania. Keindahan pantainya, panorama alam gurun pasir dan lain sebagainya sangat sulit untuk diabaikan.

Aqaba merupakan kota wisata yang terletak di pinggir pantai di Selatan Yordania. Kota ini sekaligus menjadi ibukota provinsi Aqaba. Kota ini menjadi sangat penting karena merupakan pelabuhan perdagangan satu-satunya di negara ini.

Pantainya yang indah membuatnya menjadi pusat diving atau penyelaman yang sangat menarik serta resort-resort yang sangat memukau. Selain itu, produk tambang unggulan Yordania yakni pospat diekspor melalui pelabuhan ini.

Menurut ceritanya, kota ini telah dihuni sejak 4000 tahun sebelum Masehi. Letaknya yang sangat strategis membuatnya menjadi pusat perdagangan yang menghubungkan Asia, Afrika dan Eropa.

Hunian pertama yang berhasil ditemukan adalah kaum Edomite. Setelah itu kota ini menjadi pusat peradaban kaum Arab Nabatean pada kira-kira abad pertama Masehi.

Saat Nabi Sulaiman AS dikhabarkan membangun sebuah kapal laut, di lokasi Ezion-Geber, diketahui bahwa lokasi tersebut sekarang ini terletak di Aqaba yang merupakan kota maritim sejak zaman besi dimana kota modern terletak di situ.

Kaum Yunani di era Batlamaus menyebut kota ini dengan nama Berenice, begitu juga pada era Romawi dan Aelana. Sejak Era Romawi, jalan tol yang sangat panjang dibangun menghubungkan ibukota Romawi melalui Traianan Nova menjulur ke selatan melalui Damaskus lalu bersambung dan berakhir di Aqaba. Jalan ini pula yang menghubungkan dua peradaban lainnya yakni Palestina (Philistia) dan Mesir. Aqaba sebagai pelabuhan Maritim mengalami masa keemasan pada tahun 106 masehi di zaman Romawi tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar